Senin, 23 Februari 2015

Ragam Kota

KOTA AGAMA
Kota Vatican (bahasa Latin: Civitatis Vaticanae) merupakan sebuah negara kota yang dikelilingi bandar raya Rom. Dengan luas tanah 44 hektar, Kota Vatican merupakan negara yang paling kecil di dunia. Kota Vatikan adalah tempat suci bagi umat Katholik yang mana pusat kegiatan peribadatan seperti pada perayaan Misa Natal umat katholik dilaksanakan oleh Paus sebagai pemimpin tertinggi umat Katholik di dunia. Negara kota ini dibentuk pada 1929 melalui Perjanjian Lateran antara kerajaan Itali dan Takhta Suci (Holy See). Kota Vatican merupakan pusat Takhta Suci dan pusat pentadbiran Gereja Roman Katolik sedunia. Ketua negara Kota Vatican ialah Paus yang dipilih kardinal-kardinal. Secara rasmi Negara Kota Vatikan (Itali: Stato della Città del Vaticano, Itali pengucapan: [sta (ː) untuk tʃitta della del vatika (ː) no]), adalah negara berdaulat yang wilayahnya terdiri daripada daerah poket berdinding di dalam kota Roma, ibu negara Itali. Sekitar 44 hektar (110 ekar) (0,44 km2), dan dengan jumlah penduduk lebih dari 800 ribu, itu adalah negara terkecil di dunia .

KOTA NIAGA
Hong Kong memiliki lokasi prima di pusat geografis dan ekonomi di Asia. Bisnis eksekutif di Hong Kong memiliki akses cepat dan mudah ke semua pasar utama di kawasan Asia Pasifik. Posisi sentral ini adalah salah satu alasan utama untuk popularitas kota sebagai lokasi untuk operasi regional.


Terletak di pantai tenggara Cina Daratan, Hong Kong memiliki daerah pedalaman yang luas yang, dengan 1,3 miliar orang, merupakan pasar terbesar di dunia. Para eksekutif korporasi dapat melakukan perjalanan bolak-balik ke Beijing, Shanghai dan kota-kota besar Cina dalam satu hari sementara membuat rumah mereka di Hong Kong.
Hong Kong adalah investor asing terbesar di Daratan Cina, terhitung sekitar 44% dari total nasional dengan nilai kumulatif sebesar USD 233.000.000.000. Lebih dari 100 perusahaan daratan tercatat di Bursa Efek Hong Kong. Setidaknya 1.800 Daratan yang didukung perusahaan yang terdaftar di Hong Kong. Ada 26 bank Cina dan tujuh kantor perwakilan yang beroperasi di Hong Kong.


Perdagangan bebas adalah darah kehidupan dari Hong Kong. Akibatnya, adalah salah satu yang paling terbuka eksternal berorientasi ekonomi di dunia. The Heritage Foundation / Wall Street Journal dari Amerika Serikat dan Cato dan Fraser Institute dari Kanada secara konsisten dinilai sebagai ekonomi paling bebas di dunia.

Greater Pearl River Delta, yang terdiri dari Daerah Administratif Khusus Hong Kong, Makao Daerah Administratif Khusus, dan Delta Sungai Pearl Pembangunan ekonomi sebagian Zona Provinsi Guangdong, telah muncul sebagai salah satu wilayah paling dinamis di dunia ekonomi.

Pengaturan lebih dekat Kemitraan Ekonomi (CEPA), yang mulai berlaku pada awal tahun 2004, menyatakan Hong Kong dengan Daratan manfaat 
akses pasar tambahan dan eksklusif. Ribuan perusahaan internasional yang terlibat dalam perdagangan Cina telah memilih untuk membangun tempat berpijak mereka di Hong Kong.





KOTA INDUSTRI
Osaka (大阪市 Ōsaka-shi?, Kota Osaka) adalah sebuah kota di wilayah Kansai, Jepang. Selain sebagai ibu kota Prefektur Osaka, kota ini ditetapkan sebagai salah satu Kota Terpilih berdasarkan Undang-Undang Otonomi Lokal. Osaka adalah kota berpenduduk terbesar nomor tiga di Jepang setelah Tokyo dan Yokohama. Kota ini terletak di pulau Honshu, di mulut Sungai Yodo di Teluk Osaka. Osaka adalah kota terbesar di kawasan Keihanshin sebagai pusat industri dan pelabuhan untuk daerah metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto. Di sebelah timur, Osaka bertetangga dengan Kyoto dan Nara, dan di sebelah barat dengan kota Kobe.
Keihanshin adalah wilayah metropolitan berpenduduk terbesar nomor dua di Jepang, dan salah satu wilayah metropolitan terbesar di dunia dengan jumlah penduduk sekitar 18 juta orang,[1] sekaligus wilayah metropolitan terbesar nomor dua di Jepang berdasarkan PDB dan wilayah metropolitan terbesar nomor tujuh di dunia. Osaka merupakan sebuah metropolis air yang dikenal dengan sungai-sungainya dan jumlah jembatan terbanyak di Jepang. Ada dua pusat kota di Osaka, yakni Umeda di sebelah utara, dan Namba di sebelah selatan. Kedua pusat kota ini dihubungkan oleh jalan utama yang bernama Midosuji. 
http://id.wikipedia.org/wiki/Osaka


KOTA KOLONIAL
Kota Bandung merupakan pusat administratif propinsi Jawa Barat. Bandung tempo dulu adalah kota yang pernah diduduki oleh Kolonial Belanda selama berabad-abad. Hal ini dapat dilihat dari arsitektur bangunan yang dibuat pada masa Kolonial seperti Gedung Sate yang digunakan sebagai pusat pemerintahan Hindia Belanda. Dan kini menjadi kantor Gubernur Jawa Barat. Selain Gedung Sate beberapa gedung peninggalan Belanda digunakan sebagai bangunan perkantoran seperti gedung Balai Kota Bandung, Bank Indonesia di Jalan Braga dan gedung Villa Isola yang merupakan gedung Rektorat Universitas Pendidikan Indonesia. Beberapa gedung bergaya art deco ada yang difungsikan sebagai museum,hotel dan gedung pertemuan, seperti Land Mark,Hotel Savoy Homan dan gedung Merdeka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar