Senin, 16 Februari 2015

Jangan Terjebak Nostalgia



Pepatah mengajarkan jangan lupakan masa lalumu karena di sana adalah seajrahmu. Masa lalu sepahit papun jangan pernah berniat melupakan, tapi berpikirlah secara bijak, ambil kebaikan darinya, untuk bekal masa depan sehingga tidak terjadi lagi kepahitan atau kegagalan di masa depan. Kopi yang sehat adalah kopi yang diseduh tanpa gula, rasa pahitnya justru yang membawa manfaat untuk tubuh. Masalah adalah salah satu ciri khas yang mmebuat manusia berbeda dari makhluk lainnya. Permasalahan dalam hidup bisa jadi merupakan cara Tuhan mendewasakan hambaNya, menguji sejauh mana kita bertahan dalam segala kondisi hidup bahkan yang pahit sekalipun. Para ulama sering kali mengatakan ujian hidup akan mengantarkan kita pada level yang lebih tinggi, ibaratnya untuk menaiki kelas berikutnya maka kita harus melewati dulu ujian, untuk mengetahui sejauh mana kita mahir dalam mengerjakan soal ujian dengan benar. Tuhan yang memberikan soal sudah pasti disediakan kunci jawabannya, tinggal kita yang belajar mencari jawaban itu.

Ketika permasalahan hidup nyaris merontokan kepercayaan diri, mencederai kesabaran maka salah satu cara yang cukup ampuh bagi saya adalah keluar lihatlah orang-orang sekitar kita yang jauh lebih malang dari kita. Saya memiliki banyak sahabat dengan berbagai kisah hidup mereka yang pilu namun beruntungnya saya ada pada lingkaran para sahabat yang memiliki mental yang kuat. Belajar dari orang lain ada baiknya untuk menyadarkan diri bahwa masalah bukan hanya punya kita, begitupun orang lain mengalami hal yang sama atau bahkan justru lebih besar masalahnya.
Saya percaya setiap masalah hidup ada hadiah yang sudah Tuhan siapkan jika kita mampu mengatasi masalah dengan usaha, kesabaran dan keyakinan ada jalan yang sudah disediakan. Tuhan memberikan petunjuk di sekitar kita. Permasalahan hidup akan melatih ketahanan mental dan menjadikan manusia menjadi lebih dewasa secara psikologis. Namun perlu kita ingat, ketika sedang menghadapi masalah kita harus lebih sering ada di samping orang-orang yang bermental baja dan berpikir positif. Saya sangat percaya, kepribadian manusia sangat dinamis bisa berubah sewaktu-waktu. Salah satu yang dominan merubah kepribadian manusia adalah dengan siapa kita bergaul. Salah satu yang saya syukuri di dunia ini adalah saya memiliki teman dan sahabat yang mampu memberikan dampak positif bagi saya. Jika kamu ingin wangi, bergaulah dengan penjual parfum, kalau kita bergaul dengan apoteker maka bersiaplah badan kita bau obat. Tinggal kita pilih mau denagn siapa dan lingkungan seperti apa yang kita mau.
Penutup artikel ini, saya teringat lagu berjudul Terjebak Nostalgia milik penyanyi Raisa. Judul lagu ini saya jadikan judul artikel saya saja. Nostalgia masa lalu baik untuk ajang introspeksi diri, bercermin dari apa yang telah terjadi. Namun celakanya jika kita terjebak nostalgia yang membuat kita ketakutan parah menghadapi apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi, cukup dengar lagunya saja. Jangan terjebak nostalgia kawan-kawan karena masa depan siapa tahu lebih indah dari masa lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar