Sabtu, 04 April 2015

Rainbow After The Rain

Pelangi, yah fenomena optic yang menjakbukan itu selalu menyimpan sejuta tanya bahkan mitos yang popular katanya saat ada pelangi ada bidadari yang sedang mandi, mandi ko di pelangi kan bisa diintip, canda deh.

Saya pribadi sangat suka dengan pelangi, meski tak begitu suka hujan. Pelangi ada karena matahri dan hujan. Yah tidak aka nada pelangi tanpa hujan. Saya mencoba belajar dari pelangi. Pelangi pasti ada setelah hujan yang diganti oleh matahari, namun hujan tidak selalu menghasilkan pelangi. Kalau kita refleksikan dalam hidup kurang lebih seperti berikut.

Dalam kehidupan manusia selalu saja ada bahagia dan sedih, tangis dan tawa, pergi dan datang, hidup dan mati,  susah dan senang begitulah seterusnya. Allah senantiasa menggilir suasana agar setiap dari kita merasakan apa yang dirasakan yang lain. Menggilir kebahagaiaan, memindahkan kesedihan adalah sebuah keniscayaan. Hujan saya ibaratkan sebagai cobaan hidup, bagaimana tidak di sekitar kita hujan selalu berujung banjir yang menganggu aktifitas kita, padahal hujan itu rezeki dari Allah, hanya pikiran manusia saja yang sulit menggapai logika itu, kalau tidak ada hujan bagaimana tanah mengandung air. Hujan dalam perspektif kita selalu ada dalam posisi tersangka atas kejadian merugikan setelahnya. Hujan reda disusul munculnya matahari yang cahayanya terbiaskan oleh tetesan sisa air hujan, dan muncullah pelangi dengan komposisi warna merah, jingga, kuning, hijau, biru nila dan ungu. Akhirnya hujan berakhir indah dengan kemunculan pelangi.

Namun pelangi tidak selalu ada setelah hujan, artinya pelangi itu istimewa ada tanpa bisa kita duga. Dalam hidup kita kerap diberikan cobaan beraneka ragam, kita berdoa dan berusaha tapi terkadang doa yang kita panjatkan tidak selalu tepat seperti apa yang kita inginkan, atau kita merasa doa kita tidak kunjung dikabulkan. Menurut para ulama doa yang kita panjatkan bisa diganti sesuai kebutuhan kita, ditunda sampai pada saat Dia meridhai atau doa itu dikabulkan nanti di akhirat, bagi yang beriman kepada Allah tentu tahu betul Dia lebih tahu apa yang kita butuhkan melampaui diri kita sendiri.

Saya ibaratkan pelangi sebagai jawaban doa yang tidak pernah di duga, datang sesukanya dan kita tersenyum bahagai dengan kehadirannya dengan penuh kesyukuran. Ada peribahasa “ Rainbow Always After The Rain” bermakna sama dengan “Setelah kesulitan akan ada kemudahan” dalam surat Al-Insyirah ayat 5-6.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar